Rabu, 17 Agustus 2011

Belajar Teknik Driftin

Race Drift
teknik ini digunain waktu memasuki belokan berkecepatan tinggi, drivernya ngelepas gas, trus menghasilkan drift halus n dikontrol hanya dengan setiran dan permainan gas...

Braking Drift

teknik ini dihasilkan dengan mengerem dengan agak keras saat memasuki belokan (medium dan low speed corner), sehingga berat mobil berpindah ke depan dan roda belakang agak sedikit ngangkat (tapi ga lepas dari jalan) sehingga kehilangan traksi dengan jalan dan menghasilkan oversteer saat membelok.

Feint Drift

teknik ini dihasilkan dengan cara mengayunkan pantat mobil saat sebelum memasuki belokan, jadi kalo belokannya ke kanan, mobilnya pertama dipepetin lajur kanan, trus saat sebelum memasuki belokan, mobil dipindah ke lajur kiri dengan cepat dan langsung dibanting kanan, jadi prinsipnya adalah memindahkan berat mobil dari kanan ke kiri, atau sebaliknya, sehingga menghasilkan oversteer yang cukup parah (teknik ini cukup berat, karena ini teknik yang sering digunain sama rally racers)

Clutch Kick

teknik ini dihasilkan dengan menginjak kopling dan melepaskannya dengan cepat saat memasuki tikungan. tujuannya adalah untuk menghasilkan hentakan pada driveltrain dan mengurangi traksi roda belakang.

Shift Lock

teknik ini dihasilkan dengan cara menginjak kopling dan membiarkan rpm turun sampe rendah dan kopling dilepas lagi saat masuk tikungan sehingga menghasilkan engine brake pada roda belakang dan membuat oversteer. (teknik ini sama halnya seperti menarik handbrake, patut diperhatiin bahwa lebih baik menggunakan teknik ini pada medan yang basah untuk menghindari damage yang berlebihan pada drivetrain)

Emergency Brake Drift

teknik ini adalah teknik yang paling dasar, tarik handbrake untuk menghilangkan traksi roda belakang dan kontrol drift dengan setiran dan permainan gas. teknik ini juga sewaktu2 dapat digunakan untuk membetulkan angle mobil saat ngedrift, jadi bisa posisi mobil bisa pas saat keluar tikungan. banyak yang bilang klo teknik ini teknik ecekecek, tapi menurut gw ngga tuh, soalnya semua pembalap D1 juga pake teknik ini, yang bilang teknik ini teknik ecekecek gw rasa cuma racer kolot yang masi dangkal (sorry......my opinion)

Dirt Drop Drift

teknik ini dihasilkan dengan mengeluarkan roda belakang ke luar jalan dikit (kalo ga ad rail guard) untuk mempertahankan atau membetulkan angle drift tanpa kehilangan power ato kecepatan serta bs jg bwat mempersiapkan memasuki tikungan berikutnya. (Teknik ini cocok bgt bwat mobil yang horsepowernya kecil)

Long Slide Drift

teknik ini dilakukan dengan menarik handbrake saat masih di jalan lurusan sebelum tikungan, sehingga mengawali drift dengan angle yang besar dan menyiapkan posisi mobil untuk memasuki tikungan didepan. patut diperhatiin, teknik ini cuma bisa dilakuin pada kecepatan yang tinggi)

Swaying Drift

teknik ini kayanya pengembangan dari feint drift di atas, jadi membuat pantat mobil mengayun-ayun, biasanya digunakan pada belokan S, atau tikungan2 beruntun.

FF Drift (Front Wheel Drive Drift)

paduan handbrake, setiran, dan rem adalah teknik2 inti dari teknik ini, teknik tersebut digunakan untuk menyeimbangkan drift saat di tikungan. (emang si, handbrake adalah yang paling pegang peranan dalam teknik ini)

Power Over

teknik ini saat memasuki tikungan, gas bukannya dilepas tapi malah ditekan lebih dalam sehingga menghasilkan oversteer yang parah pada mobil sepanjang tikungan. teknik ini cuma bisa dilakukan dengan mobil yang punya horsepower gede...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar